Masalah Insomnia

Penyakit yang sangat menggangu ini namanya Insomnia atau gangguan sulit tidur.
Insomnia ini berasal dari kata (in = tidak; sommus = tidur). Penyebabnya ini bisa bermacam-macam.
Normal tidur orang dewasa adalah 7-8 jam semalam. Gangguan insomia dapat dilacak dari cara hidup seseorang secara rutin sampai kehidupan malamnya.

Macam-macam insomnia diantaranya :
Insomnia sementara
Yaitu gangguan tidur hanya beberapa malam saja.
Insomnia jangka pendek
Yaitu yang terjadi karena stres mendadak.
Insomnia kronis
Yaitu karena faktor depresi atau psikologis.
Bila penyebabnya faktor psikologis dan setelah lebih dari satu minggu tidak dapat diatasi sendiri, sebaiknya segera dikonsultasikan ke psikolog atau psikiater.
Kalau karena penyakit tertentu, secepatnya diperiksakan ke dokter untuk diperiksa dan diobati penyakitnya.

Dengan mengidap penyakit susah tidur ini seringkali mengganggu di saat pagi harinya saat kita melakukan aktifitas seperti di kantor. Di kala jam kerja kita menjadi tidak konsentrasi karena semaleman kurang tidur.
Sebagian orang mengatasinya dengan minum obat tidur. Padahal itu bukan suatu solusi yang baik. Atau mengobati sendiri dengan aneka obat penenang itu tidak dianjurkan. Sebab tindakan itu dikhawatirkan justru bisa berdampak negatif, misalnya jadi kecanduan obat tersebut, pikiran terganggu, pikun, gangguan organ tubuh, dll.

Para ahli gizi memberi saran agar penderita insomnia sehari-hari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung tembaga, zat besi, serta magnesium. Namun penderita gangguan jantung atau ginjal sebaiknya berkonsultasi ke dokter lebih dulu.

Ada juga cara untuk mengatasinya sendiri tanpa bantuan obat. Misalnya, untuk membantu mengusir pemicu stres, ambillah kertas & tuliskan masalahnya sebelum tidur. Kalau ada pekerjaan kantor yang dibawa pulang, usahakan untuk singkirkan terlebih dahulu sebelum tidur. Kalau ada masalah yang belum teratasi, tenangkan pikiran, berdoalah & bawalah tidur masalah Anda. Keesokan harinya, di kala pikiran lebih terang dan tubuh lebih segar, masalah akan lebih mudah teratasi.

No comments: