Sakit Maag??

Menurut hasil survey, sakit maag lebih banyak dialami oleh kalangan cewe. Aku sendiri juga sering kambuh sakit maagnya. Kalo diteliti, sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan sakit maag. Ada yang sakit maag dengan sakit di ulu hati, ada yang kembung, ada juga yang mual. Seperti yang aku alami adalah pemicu utamanya stress / banyak pikiran. Hal penyebab lainnya bisa karena pola makan tidak teratur. Misalnya sehari makan sehari tidak makan, atau sekali makan kenyang sekali sampai menyesakkan lambung, sekali lagi gak makan. Ini salah satu contoh pola makan yang tidak teratur yang bisa menyebabkan fungsi lambung tidak bisa bekerja dengan baik. Hal lainnya karena makan makanan yang asem, pedes berlebihan.

Maka dari itu, penderita sakit maag harus juga memperhatikan pola makan yang teratur seperti makan dengan porsi sedikit tapi sering/ teratur. Supaya kerja lambung tidak berat. Yang perlu diperhatikan juga kalo saat sedang lapar sekali, jangan langsung melahap makanan dalam porsi berat. Menghindari makanan yang memicu asam lambung seperti makanan yang asem-asem, sambel atau makanan pedas.
Perlu juga menenangkan pikiran disaat sedang sibuk / ada masalah. Karena dengan banyak pikiran bisa menyebabkan sakit maag juga.

Setelah beberapa tips diatas dipraktekkan, masih juga sakit maag yang dasyat, perlu dikonsultasikan ke dokter supaya tidak menjadi lebih bahaya. Karena lambung ini salah satu organ penting di dalam tubuh yang membantu sistem kerja makanan yang masuk ke dalam tubuh.

No comments: