Senam jadi gemuk atau kurus?

Senam bisa bikin kurus apa gemuk sih. Kok ada yang bilang senam malah tambah gemuk, ada yang juga bilang kok senam malah tambah kurus. Intinya sih sebenarnya gimana caranya kita mengatur pola makan. Senam juga tujuannya menjadikan badan menjadi sehat dan segar.
Biasa senam itu sering dilakukan oleh kaum wanita. Kalo ngga pagi, biasanya jam sore saatnya para wanita berkumpul di gym.
Ini pengalaman aku dulu saat mau menaikkan berat badan. Karena aku denger pengalaman beberapa teman kalo mereka senam malah jadi gemuk. Nah kebetulan banget aku mau naikin berat badan. Memang saat itu berat badanku termasuk berat badan di bawah batas normal. Aku mulai seminggu 3x senam aerobik. Memang gayanya itu susah aku ikutin karena ngga terbiasa gerakan seperti dance gitu. Aku ikutin aja sebisaku. Alhasil memang keringatnya ngga seperti member lainnya yang sampai netes-netes ke lantai.
Ternyata abis senam itu membuang banyak energi dan mengakibatkan perut keroncongan. Setelah keringat banyak terkuras, perlu sekali mengembalikan keringat yang terbuang dengan mengisinya dengan air putih.
Kata temenku, jangan makan kalo abis senam karena bisa jadi gemuk....
Sepulang senam, aku langsung makan nasi, minum susu juga sekalian. Mau buktiin aja apa benar bisa jadi gemuk. Sekitar 2 bulan aku lakukan hal yang sama. Dan memang ternyata berat badanku bertambah tapi tidak menjadi gemuk. Bukan hanya berat badan aja yang tambah tapi juga terasa badan lebih segar dan ngga gampang capek. Fisiknya malah lebih kuat, ngga gampang terserang sakit karena peredaran darah menjadi lancar.
Sebenarnya bukan mau untuk menjadikan gemuk atau kurus. Yang terpenting sehatnya. Gemuk/kurus itu bisa saja memang faktor keturunan atau pola makan yang tidak beraturan. Jadi ngga bisa berpatokan senam itu pasti menjadikan kurus / gemuk. Berbahagialah kalo kita selalu sehat meskipun porsi badan tidak seideal yang lainnya.

No comments: