Tips dapur sehat

Salah satu pendukung hidup sehat adalah dengan cara menjaga kebersihan. Pernahkah Anda mampir ke restaurant yang kondisi tempatnya tidak rapi, keliatan kurang bersih dan jorok? Atau mungkin mampir di tenda biru (pinggiran jalan) yang tempatnya kelihatan tidak terawat dan jorok? Saya yakin pasti Anda pernah melihat dan bahkan tidak jadi mampir karena tempatnya kelihatan tidak menarik. Apalagi banyak lalat yang berkumpul di meja maupun sekitar makanan. Kemudian ditambah dengan banyak tissue-tissue bekas berserakan di lantai.
Apa yang Anda pikirkan saat itu? Sudah bisa dipastikan tempat yang tidak bersih itu mengundang kuman penyakit yang bisa berasal dari udara atau lalat. Itu merupakan salah satu contoh dimana kebersihan itu sangat penting buat kesehatan kita.
Mungkin harga makanannya lebih murah, tapi disini sangat perlu diperhatikan, bukan karena harga makanan yang murah melainkan harga kesehatan yang jauh lebih berharga. Bisa bayangkan kalo seandainya menjadi sakit dan harus berobat ke dokter. Bukankah itu malah akan mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak dibanding dengan harga makanan yang kurang bersih.
Di sini aku tidak hanya menyampaikan soal makanan di luar sana yang tidak terjamin kebersihannya karena tempatnya yang tidak terawat, tapi mungkin juga ada yang mempunyai kondisi dapur yang tidak terawat. Ingat! Ini sangat penting diperhatikan. Di samping dapur bersih memberikan jaminan kesehatan, tapi juga memberikan kenyamanan saat memasak.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperoleh dapur yang sehat :
1. Memperhatikan kebersihan meja makan.
2. Memperhatikan kebersihan meja / talenan untuk memotong sayur.
3. Apabila ada makanan yang tertumpah, dibersihkan segera supaya tidak mengundang semut/lalat.
4. Mempunyai tempat sampah di dapur dan diusahakan tempat sampah yang tertutup supaya tidak mengundang semut/lalat.
5. Menutup makanan yang selesai dimasak supaya tidak dicicip sama lalat.
6. Serbet di dapur juga diperhatikan untuk sesering mungkin diganti.
7. Serbet tangan juga begitu halnya, sering diganti karena begitu banyak tangan yang memakainya.
8. Kompor yang selesai dipakai, seringkali meninggalkan noda. Maka perlu segera dibersihkan setelah selesai memasak.
9. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan.
10. Udara yang tidak segar setelah memasak juga perlu diperhatikan. Bisa dengan menyemprotkan pewangi ruangan setelah selesai memasak supaya tidak meninggalkan bau amis.

Dengan dapur yang kecil tapi terawat kebersihannya maka penghuni di rumah pun bisa merasakan suasana nyaman. Ini juga bisa menggambarkan si empunya dapur sangat memperhatikan kesehatan supaya seluruh keluarganya bisa sehat dan segar.

No comments: